@ignielat (@) https://4.bp.blogspot.com/-ie52Oh_wT-s/WHHi75UACjI/AAAAAAAAEYE/PnOATooq-Y4v_HVhR_AakM0G2d699uWIwCLcB/s1600/ignielcom.png https://cards-dev.twitter.com/validator 144 x 144 px4096 x 4096 px5MB
.
LIMA KEMAMPUAN TERITORIAL : 1. Kemampuan Temu cepat Lapor cepat ¦ 2. Kemapuan Manajemen Teritorial ¦ 3. Kemampuan Penguasaan Wilayah ¦ 4. Kemampuan Perlawanan Rakyat ¦ 5. Kemampuan Komunikasi Sosial ¦ LIMA KEMAMPUAN TERITORIAL : 1. Kemampuan Temu cepat Lapor cepat ¦ 2. Kemapuan Manajemen Teritorial ¦ 3. Kemampuan Penguasaan Wilayah ¦ 4. Kemampuan Perlawanan Rakyat ¦ 5. Kemampuan Komunikasi Sosial ¦

Tuesday, August 28, 2018

LATIHAN PENANGGULANGAN BENCANA BANJIR DAN WATER RESCUE Di WADUK MULUR, BENDOSARI, SUKOHARJO

Sukoharjo (28/08/18) Kapten Inf Kurniawan Jayadi (Danramil 09 Grogol) pada hari Senin (27/08) pukul 07.30 wib melaksanakan pemberian materi tentang Penaggulangan Bencana alam Kabupaten Sukoharjo Tahun 2018 bertempat di Waduk Mulur Desa Mulur Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo.


Pemberian materi tersebut dalam rangka memberikan bekal tentang prosedur penanggulangan bencana sebelum, selama dan sesudah Gulbencal kemudian dilanjutkan dengan pelatihan simulasi evakuasi korban bencana banjir dengan menggunakan LCR serta water rescue pada laka air yang diikuti oleh 100 orang.

Latihan ini melibatkan para anggota baik pelatih dari Kodim 0726/Sukoharjo (Kapten Inf Kurniawan Jayadi dan pelatih Water Rescue Sertu Zaenal), juga dikuti oleh SAR Kabupaten Sukoharjo, Tagana, SERI, KRI, MDMC, SAR MTA, SENKOM, RP AD, PMI, RELAKSA, BAMAS, MAGANA, HKL, SEHATI, GRANAT, Pemuda Pancasila dan BPBD Sukoharjo.



Dalam sosialisasi Kapten Inf Kurniawan Jayadi menyampaikan Pentingnya koordinasi antar stikholder dan penyamaan persepsi dilapangaan guna memberikan bantuan kemanusiaan di lapangan pada saat terjadinya bencana alam. Para relawan kemanusiaan jangan sampai pilih kasih disaat memberikan bantuan pada waktu pelaksanaan di lapangan dalam membantu korban bencana.

Latihan dasar penanggulangan bencana wajib untuk di ikuti oleh setiap organisasi relawan kemanusiaan dalam rangka mengasah kemampuan masing-masing bagian dalam menangani masalah penanggulangan bencana alam. Selalu mengedepankan prosedur keamanan dan pengamanan apapun yang terjadi pada saat di lapangan. Laksanakan koordinasi berkala ke jajaran stakeholder di lapangan agar bisa maksimal dan mengurangi terjadinya miskomunikasi diantara organisasi relawan kemanusiaan.








Kegiatan dihadiri Sri Maryanto, S.E.,M.Si (Ka pelaksana BPBD Kab.Sukoharjo), Marsinah (Sekretaris I BPBD Kab. Sukoharjo), Kapten Inf Kurniawan Jayadi (Danramil 09/Grogol), Sertu Zainal (Anggota Koramil 09/Grogol Pelatih water Rescue), Wiyanto (Bapeda Kabupaten Sukoharjo), Arief (Sekertaris II BPBD Kab. Sukoharjo) dan Sarwiji (Kasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kab. Sukoharjo).