@ignielat (@) https://4.bp.blogspot.com/-ie52Oh_wT-s/WHHi75UACjI/AAAAAAAAEYE/PnOATooq-Y4v_HVhR_AakM0G2d699uWIwCLcB/s1600/ignielcom.png https://cards-dev.twitter.com/validator 144 x 144 px4096 x 4096 px5MB
.
LIMA KEMAMPUAN TERITORIAL : 1. Kemampuan Temu cepat Lapor cepat ¦ 2. Kemapuan Manajemen Teritorial ¦ 3. Kemampuan Penguasaan Wilayah ¦ 4. Kemampuan Perlawanan Rakyat ¦ 5. Kemampuan Komunikasi Sosial ¦ LIMA KEMAMPUAN TERITORIAL : 1. Kemampuan Temu cepat Lapor cepat ¦ 2. Kemapuan Manajemen Teritorial ¦ 3. Kemampuan Penguasaan Wilayah ¦ 4. Kemampuan Perlawanan Rakyat ¦ 5. Kemampuan Komunikasi Sosial ¦

Thursday, December 17, 2015

IUWASH LATIH BABINSA MEMBUAT JAMBAN



Kamis (17/12/2015). Untuk mensukseskan program “ Indonesia sehat” anggota Kodim 0726 Sukoharjo melasanakan ‘ Training Teknik membangun jamban sehat sesuai SNI dalam membangun jamban keluarga” oleh tim dari  Indonesia Urban Water, Sanitation, and Hygiene (IUWASH) yang didanai oleh Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat atau U.S. Agency for International Development (USAID).

Kepala Staf Kodim 0726/Sukoharjo Mayor Arh Nunung Wahyu Nugroho mewakili Dandim 0726/Sukoharjo dalam sambutannya bahwa Kodim 0726 Sukoharjo memiliki program satu juta jamban. Program sejuta Jamban merupakan program penyediaan sarana sanitasi jamban sehat (hygiene sanitation) berbasis masyarakat. Serta, meningkatkan kesadaran masyarakat untuk stop buang air besar (BAB) sembarangan. Program stop BAB sembarangan dilakukan melalui kegiatan pembuatan jamban keluarga, jamban komunal serta penyuluhan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat akan pentingnya kesehatan lingkungan. Program satu juta jamban yang di laksanakan Kodim untuk keluarga miskin yang belum punya jamban. Kodim 0726 Sukoharjo mempunyai potensi menjadi inisiator dan fasilitator pembangunan di bidang kesehatan dalam prakteknya TNI telah membuktikan hal tersebut dalam bidang Keluarga Berencana, Pertanian, Kesehatan dan lain-lain. Program ini berguna untuk meningkatkan kesehatan lingkungan bagi masyarakat, lingkungan di daerah akan baik dan tidak tercemar dengan kotoran manusia yang dibuang sembarangan. Hal yang sangat penting, sebenarnya bagaimana menyadarkan masyarakat agar peduli dengan kesehatan dan kebersihan lingkungan. Masyarakat harus diberikan penyadaran agar tidak membuang kotoran secara sembarangan. Dengan adanya program tersebut diharapkan masyarakat semakin memahami perilaku hidup bersih dan sehat, karena penyebaran berbagai penyakit akibat lingkungan kotor akan semakin berkurang sehingga akan semakin meningkatkan produktifitas dan kualitas sumber daya manusia”.
Kepala Regional Coordinator IUWASH ( Indonesia Urban Water Sanitation and Hygiene) Jateng Bpk Jefry Budiman Bahwa  Usaid mempelopori  memberikan pelatihan untuk membangun jamban dengan harga murah dan sehat. Pelatihan ditujukan untuk mengembangkan sanitasi yang mandiri dan berkelanjutan. IUWASH berupaya membantu Pemerintah Indonesia meraih kemajuan untuk mencapai target Millenium Development Goals melalui perluasan akses terhadap air bersih dan layanan sanitasi yang aman.Demi mencapai tujuannya, IUWASH bekerja dengan berbagai kalangan masyarakat, pemerintah daerah, organisasi masyarakat sipil, dan penyedia layanan. Komitmen IUWASH adalah meningkatkan kebutuhan masyarakat akan layanan air dan sanitasi yang lebih baik; serta meningkatkan kapasitas pelayanan, khususnya dari pemerintah agar menyediakan dan mengawasi kualitas jasa layanannya.