@ignielat (@) https://4.bp.blogspot.com/-ie52Oh_wT-s/WHHi75UACjI/AAAAAAAAEYE/PnOATooq-Y4v_HVhR_AakM0G2d699uWIwCLcB/s1600/ignielcom.png https://cards-dev.twitter.com/validator 144 x 144 px4096 x 4096 px5MB
.
LIMA KEMAMPUAN TERITORIAL : 1. Kemampuan Temu cepat Lapor cepat ¦ 2. Kemapuan Manajemen Teritorial ¦ 3. Kemampuan Penguasaan Wilayah ¦ 4. Kemampuan Perlawanan Rakyat ¦ 5. Kemampuan Komunikasi Sosial ¦ LIMA KEMAMPUAN TERITORIAL : 1. Kemampuan Temu cepat Lapor cepat ¦ 2. Kemapuan Manajemen Teritorial ¦ 3. Kemampuan Penguasaan Wilayah ¦ 4. Kemampuan Perlawanan Rakyat ¦ 5. Kemampuan Komunikasi Sosial ¦

Thursday, September 6, 2018

SERKA SUPRAWOKO & SERTU FREDY INGATKAN KEMBALI HAKIKAT SAKA WIRA KARTIKA

Sukoharjo (06/09/18) Serka Suprawoko dan Serda Fredy babinsa Koramil 12 Bendosari, pada hari Rabu (05/09) pukul 13.00 wib melaksanakan kegiatan Bintahwil dengan memberikan pembekalan kepada peserta Peransaka dari Kwarcab kabupaten Sukoharjo.


Dalam pembekalan tersebut Babinsa menekankan kembali tentang hakikat Saka Wira Kartika. Dijelaskan oleh Babinsa bahwa Saka Wira Kartika adalah suatu wadah kegiatan bagi pramuka penegak dan pramuka padega yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran Bela Negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang Matra Darat, untuk membentuk patriot bangsa yang setia,berbakti,dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan NKRI.



Matra darat itu sendiri dapat diartikan sebagai segala aktifitas dan kegiatan yang dilakukan secara terorganisir,perorangan,ataupun kelompok dengan memanfaatkan kondisi alam di darat seperti hutan,gunung,rawa dan sungai yang diberdayakan sebagai alat pertahanan.

Untuk menjadi anggota Saka Wira Kartika harus memenuhi syarat sebagai Pramuka penegak dan Bantara, Terdaftar sebagai anggota Gudep di Kwarcab dimana Saka Wira Kartika berada, tidak ada paksaan dari siapapun juga serta mendapat ijin dari orang tua dan pembina Gudep.

Adapun Saka Wira Kartika mempunya 5 krida yang akan dipelajari yaitu meliputi :
  • Krida NAVRAT, terdiri dari 4 SKK ( Syarat Kecakapan Khusus) 
  1. Peta dan medan  
  2.  Kompas siang dan malam
  3. Resection dan Intersection
  4. GPS.
  • Krida PIONERING terdiri dari  4 SKK
  1. Tali temali 
  2. Pembuatan jembatan 
  3. Pembuatan Perkemahan 
  4. Bekal air dan listrik
  • Krida MOUNTAINERING terdiri 3 SKK
  1. Panjat Tebing 
  2. Hutan Gunung 
  3. Travesing
  • Krida SURVIVALterdiri 3 SKK
  1. Jenis Tumbuhan 
  2. Jenis Binatang 
  3. Hutan Gunung dan Ralasuntai
  • Krida PENANGGULANGAN BENCAL terdiri 4 SKK
  1. Manajemen penggulangan 
  2. Perjalanan dan penanganan Gawat darurat 
  3. Pengetahuan komunikasi radio 5.Tata cara memasak