@ignielat (@) https://4.bp.blogspot.com/-ie52Oh_wT-s/WHHi75UACjI/AAAAAAAAEYE/PnOATooq-Y4v_HVhR_AakM0G2d699uWIwCLcB/s1600/ignielcom.png https://cards-dev.twitter.com/validator 144 x 144 px4096 x 4096 px5MB
.
LIMA KEMAMPUAN TERITORIAL : 1. Kemampuan Temu cepat Lapor cepat ¦ 2. Kemapuan Manajemen Teritorial ¦ 3. Kemampuan Penguasaan Wilayah ¦ 4. Kemampuan Perlawanan Rakyat ¦ 5. Kemampuan Komunikasi Sosial ¦ LIMA KEMAMPUAN TERITORIAL : 1. Kemampuan Temu cepat Lapor cepat ¦ 2. Kemapuan Manajemen Teritorial ¦ 3. Kemampuan Penguasaan Wilayah ¦ 4. Kemampuan Perlawanan Rakyat ¦ 5. Kemampuan Komunikasi Sosial ¦

Wednesday, July 20, 2016

KORAMIL 11 POLOKARTO BERSAMA PETANI DESA BULU TANAM PEPAYA CALIFORNIA




Rabu (20/7/2016) Besarnya peluang pasar buah pepaya california menguntungkan dan banyak diminati masyarakat mendorong prajurit TNI dari Kodim 0726 Sukoharjo Koramil 11 Polokarto dan kelompok tani Dukuh Bulu Desa Bulu Kecamatan Polokarto Untuk mengembangkan 1000 batang tanaman buah pepaya  california di lahan seluas 4000 meter persegi Rt. 02/3 Dk Bulu Ds Bulu Polokarto milik bapak Marsono (Kaur pembangunan) . Hadir dalam kegiatan tersebut Pasi Pers Korem 074 WRT Letkol CAJ Achsin,  Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Inf Taufan Widiantoro, S.I.P, Camat Polokarto Pardi, Kapolsek Polokarto AKP Banuri, Dinas pertanian Polokarto Joko, Kepala Desa Bulu Drs Haryanto dan tokoh masyarakat Bulu.


Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Inf Taufan Widiantoro, S.I.P di lokasi penanaman pepaya california mengajak petani membudidayakan pepaya California, ” Kami  mengajak petani di Sukoharjo untuk membudidayakan pepaya California selain pertanian pangan padi dan jagung, Pepaya California merupakan varietas pepaya baru yang saat ini paling digandrungi oleh para petani dikarenakan menjanjikan keuntungan yang lebih. Pepaya California pun memiliki keunggulan tersendiri, yakni buahnya lebih manis, tahan lama, dan dapat dipanen lebih cepat bila dibandingkan dengan pepaya varietas lain. Budidaya tanaman Pepaya Calipornia ini merupakan intruksi Komandan Korem 074/Warastratama Kolonel Inf Maruli Simanjuntak M.Sc. untuk membantu para petani memanfaatkan lahan kosong untuk di tanami pohon pepaya jenis California yang nanti hasil panennya dapat membantu meningkatkan pangan serta meningkatkan kesejahteraan para petani “ tegasnya.



Pasi Pers Korem 074 WRT Letkol CAJ Achsin mewakili Komandan Korem 074/Warastratama Menyampaikan bahwa Kami mengajak para petani untuk memanfaatkan lahan kosong milik para petani untuk dijadikan lahan perkebunan Pepaya yang hasilnya untuk menambah pendapatan dan meningkatkan kesejahteran para petani. Kita sifatnya hanya membantu para petani yang ada diwilayah yang mempunyai lahan kosong untuk ditanami pohon pepaya Kita membantu petani penyediaan bibit pepaya California, mencarikan tim penyuluh pertanian dalam menanam bibit pepaya serta mencarikan tempat pemasaran yang akan membeli langsung hasil panen pepaya nantinya sehingga para petani tidak dipermainkan tengkulak. Saat ini Korem sedang menyiapkan  60.000 bibit pepaya dan  dalam waktu dekat akan di distribusikan ke Kodim-Kodim jajaran Korem 074 WRT untuk kodim 0726 Sukoharjo mendapatkan 10.000 batang.



Dinas pertanian Polokarto Joko Menurut dia, kualitas produksi pepaya California memiliki keunggulan antara lain buahnya tebal, rasanya manis dan beraroma juga tahan lama serta memiliki kandungan vitamin cukup tinggi. Karena masa panen yang cukup singkat jenis pepaya ini memiliki batang yang lebih pendek dibanding dengan jenis pepaya yang lain. Dari buah pepaya California memiliki ciri-ciri  berukuran 0,8 – 2 kg/buah, berkulit tebal, berbentuk lonjong buah matang berwarna kuning, rasanya manis, daging buah kenyal dan tebal. Produksi pepaya California bisa dipanen mulai usia tujuh  bulan setelah hari tanam hingga mencapai tiga tahun mendatang, lahan di sekitar tanaman pepaya dapat ditanami jenis palawija dan umbi-umbian dan kacang. jelasnya.