@ignielat (@) https://4.bp.blogspot.com/-ie52Oh_wT-s/WHHi75UACjI/AAAAAAAAEYE/PnOATooq-Y4v_HVhR_AakM0G2d699uWIwCLcB/s1600/ignielcom.png https://cards-dev.twitter.com/validator 144 x 144 px4096 x 4096 px5MB
.
LIMA KEMAMPUAN TERITORIAL : 1. Kemampuan Temu cepat Lapor cepat ¦ 2. Kemapuan Manajemen Teritorial ¦ 3. Kemampuan Penguasaan Wilayah ¦ 4. Kemampuan Perlawanan Rakyat ¦ 5. Kemampuan Komunikasi Sosial ¦ LIMA KEMAMPUAN TERITORIAL : 1. Kemampuan Temu cepat Lapor cepat ¦ 2. Kemapuan Manajemen Teritorial ¦ 3. Kemampuan Penguasaan Wilayah ¦ 4. Kemampuan Perlawanan Rakyat ¦ 5. Kemampuan Komunikasi Sosial ¦

Monday, May 18, 2020

Kodim 0726/Sukoharjo Gelar Latihan Gladi Posko I Tahun 2020



Sukoharjo(18/05/2020)- Kodim 0726/Sukoharjo menggelar latihan Gladi Posko I tahun 2020 dengan tema, ”Kodim 0726/Sukoharjo melaksanakan operasi bantuan kepada pemerintah daerah diwilayahnya dalam rangka membantu penanggulangan terjadinya bencana alam banjir”, Senin (18/05).

Gladi posko akan digelar selama tiga hari mulai tanggal 18 sampai dengan 20 Mei 2020 dengan tujuan untuk menyiapkan kekuatan TNI dalam sebuah proses penanganan bencana alam terutama banjir. Latihan Gladi Posko I dibuka langsung oleh Komandan Korem 074/Wrt Brigjen TNI Rafael Granada Baay yang dihadiri oleh Para Dandim Se Surakarta.  Dalam latihan tersebut juga melibatkan BPBD Sukoharjo, Tagana dan dinas terkait Pemkab Sukoharjo.

Danrem yang sekaligus sebagai Komandan Latihan Gladi Posko Latihan Posko I Kodim 0726/Sukoharjo dalam amanatnya mengatakan “yang kita laksanakan ini, merupakan Latihan taktis tanpa pasukan, yang diharapkan memiliki nilai strategis untuk meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf Kodim 0726/Sukoharjo  dalam Proses Pengambilan Keputusan Taktis (PPKT) guna menghadapi tugas-tugas kewilayahan, sehingga didapatkan kesamaan persepsi dan jelas siapa berbuat apa, terutama dalam memberikan bantuan kepada Pemda untuk mengatasi penanggulangan bencana alam banjir yang terjadi di wilayah," jelas Danrem.

Selain itu Danrem berharap dengan latihan posko tersebut dilaksanakan dengan serius, sungguh-sungguh dan bertanggung jawab disertai harapan semoga setelah mengikuti latihan posko ini setiap peserta memiliki kemampuan dan kepekaan yang lebih terhadap setiap jenis bencana yang terjadi diwilayah, serta mampu menganalisa dan mengantisipasi ke depan untuk menentukan tindakan pencegahan dan penanggulangan terhadap potensi ancaman yang dapat terjadi serta mampu mengoperasionalkan Protap yang sudah ada.

Ditemui desela-sela latihan Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Inf Chandra Ariyadi Prakosa, S.I.P,M.Tr(Han) mengatakan bahwa "Gladi posko dilakukan untuk meningkatkan hubungan komandan dan staf dalam merencanakan operasi bantuan penanggulangan bencana alam khususnya banjir mengingat Kab. Sukoharjo di lewati oleh aliran sungai bengawan solo," terang Dandim.

”Dengan kegiatan gladi ini diharapkan para anggota staf mampu menyelesaikan tugas-tugas khususnya dalam menanggapi, menangani dan menyelesaikan suatu permasalahan dengan cepat dan tepat sehingga tidak berkembang menjadi kerawanan yang mempengaruhi stabilitas keamanan dan menghambat pembangunan di daerah, dan yang tidak kalah penting adalah anggota staf mengerti apa dan berbuat apa sesuai dengan fungsi dan tugas masing-masing ,” kata Dandim.

“Dalam penyelenggaraan latihan gladi posko ini tetap sesuai dengan prosedur covid 19 yakni sebelum dan sesudah tempat latihan digunakan disemprot disinfektan dahulu, menjaga jarak perorangan, selain itu juga peserta latihan dicek suhu tubuhnya setiap hari dan tak lupa wajib memakai masker,” tegas Dandim.