@ignielat (@) https://4.bp.blogspot.com/-ie52Oh_wT-s/WHHi75UACjI/AAAAAAAAEYE/PnOATooq-Y4v_HVhR_AakM0G2d699uWIwCLcB/s1600/ignielcom.png https://cards-dev.twitter.com/validator 144 x 144 px4096 x 4096 px5MB
.
KODIM 0726/SUKOHARJO - WINNING HEARTS & MINDS ¦ LIMA KEMAMPUAN TERITORIAL : 1. Kemampuan Temu cepat Lapor cepat ¦ 2. Kemapuan Manajemen Teritorial ¦ 3. Kemampuan Penguasaan Wilayah ¦ 4. Kemampuan Perlawanan Rakyat ¦ 5. Kemampuan Komunikasi Sosial ¦ LIMA KEMAMPUAN TERITORIAL : 1. Kemampuan Temu cepat Lapor cepat ¦ 2. Kemapuan Manajemen Teritorial ¦ 3. Kemampuan Penguasaan Wilayah ¦ 4. Kemampuan Perlawanan Rakyat ¦ 5. Kemampuan Komunikasi Sosial ¦

FOTO SEJARAH KODIM 0726/SUKOHARJO

Wednesday, July 12, 2017

SOSIALISASI & PELAYANAN KB KESEHATAN KODIM 0726/SUKOHARJO

Sukoharjo (12/07/2017) Besarnya jumlah penduduk produktif di Indonesia memang merupakan potensi demografi yang sangat besar, namun jika tidak diimbangi dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia yang tinggi, justru dapat menjadi beban dan bahkan sumber masalah dalam pelaksanaan pembangunan. Hal ini terlihat masih rendahnya Indeks Pembangunan Manusia Indonesia yang hanya mampu menempati urutan ke-124 dari 182 negara. Kondisi ini tentu merupakan suatu tantangan yang sangat berat di masa depan. Karenanya, di samping upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia sangat penting untuk dilakukan pengendalian jumlah penduduk Indonesia.



Sebagai wujud kepedulian dan peran serta satuan Kodim 0726/Skh dalam melaksanakan kegiatan Pembinaan Teritorial adalah melaksanakan kegiatan Program KB Kesehatan bagi masyarakat yang kurang mampu, Pra Kurang Sejahtera (KS) dan Kurang Sejahtera I (KS I) di wilayah Kabupaten Sukoharjo. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk partisipasi Kodim 0726/Sukoharjo dalam memberdayakan wilayah pertahanan pada pengolahan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas serta mensukseskan Program Kependudukan dan Keluarga Berencana dengan melaksanakan Program KB Kesehatan di seluruh wilayah Kodim 0726/Sukoharjo.





Melalui Thema “Melalui kegiatan KB Kesehatan, kita wujudkan keluarga yang sehat, cerdas dalam rangka menyongsong masa depan bangsa yang lebih baik dan sejahtera”. Sejumlah 120 Babinsa Kodim 0726/Sukoharjo untuk mengikuti sosialisasi KB Kesehatan bertempat di Aula Makodim 0726/Sukoharjo. Acara Inti Sosialisasi Program KB disampaikan oleh DPP dan KB (Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana)serta dari Dinas Kesehatan Reproduksi Sehat Kabupaten Sukoharjo. Acara diisi presentasi pemaparan materi serta tanya jawab. Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini dapat menjadi bekal bagi para Babinsa dalam tugas sehari-harinya mampu melaksanakan penyuluhan kepada masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran kesehatan masyarakat akan pentingnya berperan serta dalam kegiatan KB Kesehatan. Mendorong untuk lebih menumbuhkan, mengembangkan dan membina peran institusi masyarakat dalam memantapkan hasil pencapaian Program KB Kesehatan





Di tempat yang berbeda di Klinik Pratama Kartika 26 Kodim 0726/Sukoharjo dilaksanakan Kegiatan praktek/pelayanan Program KB Kesehatan secara terpadu berkerjasama dengan DPPKB Kabupaten Sukoharjo. Prioritas pelayanan meliputi kesehatan reproduksi, kesehatan reproduksi remaja, kelangsungan hidup ibu, bayi dan anak. Layanan gratis ini juga diprioritaskan kepada penduduk/masyarakat dari keluarga Pra Sejahtera (S) dan Kurang Sejahtera I (KS I). Kegiatan ini melibatkan 10 orang dari TNI, Dinas Kesehatan 10 orang, DPPKB/PLKB 10 orang serta peran serta masyarakat/Akseptor sebanyak 150 orang. Adapun kegiatan di Klinik Pratama Kartika 26 Kodim 0726/Sukoharjo tersebut meliputi :
  1. Melaksanakan pelayanan KB, pelayanan Kesehatan reproduksi, Kesehatan reproduksi remaja, kelangsungan hidup Ibu, bayi dan anak yang diprioritaskan pada penyediaan pelayanan gratis bagi keluarga pra Sejahtera (S) dan Kurang Sejahtera (KS I).
  2. Melaksanakan pelayanan KB melalui peningkatan pengguna kontrasepsi yang rasional, efektif dan efesien.
  3. Melaksanakan pembinaan peserta KB aktif melalui fasilitas pemberdayaan dan pemanfaatan posyandu/Pustu Kesehatan di daerah.
  4. Melaksanakan pelayanan KB mobile bagi peserta KB baru dan pembinaan peserta KB aktif
  5. Pemberdayaan pelayanan KB Kesehatan di lingkungan fasilitas Klinik pratama kartika 0726/Skh.