@ignielat (@) https://4.bp.blogspot.com/-ie52Oh_wT-s/WHHi75UACjI/AAAAAAAAEYE/PnOATooq-Y4v_HVhR_AakM0G2d699uWIwCLcB/s1600/ignielcom.png https://cards-dev.twitter.com/validator 144 x 144 px4096 x 4096 px5MB
.
KODIM 0726/SUKOHARJO - WINNING HEARTS & MINDS ¦ LIMA KEMAMPUAN TERITORIAL : 1. Kemampuan Temu cepat Lapor cepat ¦ 2. Kemapuan Manajemen Teritorial ¦ 3. Kemampuan Penguasaan Wilayah ¦ 4. Kemampuan Perlawanan Rakyat ¦ 5. Kemampuan Komunikasi Sosial ¦ LIMA KEMAMPUAN TERITORIAL : 1. Kemampuan Temu cepat Lapor cepat ¦ 2. Kemapuan Manajemen Teritorial ¦ 3. Kemampuan Penguasaan Wilayah ¦ 4. Kemampuan Perlawanan Rakyat ¦ 5. Kemampuan Komunikasi Sosial ¦

Monday, February 13, 2017

TIPS MENCEGAH TIMBULNYA PENYAKITKANKER PAYUDARA



Senin (13/02/17). Persit Kartika Candra Kirana Cab. XLVII Kodim 0726/Sukoharjo yang dipimpin oleh Ny. Ajeng Taufan Widiantoro, S.I.P menerima penyuluhan kesehatan tentang penyakit kanker Payudara di Aula Makodim 0726/Sukoharjo oleh dr. Tantiya dari Pusat Diagnosa Budi Sehat Kab. Sukoharjo yang beralamat di Jl. Dr. Muwardi No. 64 Kel. Gayam Kec. Sukoharjo Kab. Sukoharjo.

Dalam kesempatan tersebut Ny. Ajeng Taufan Widiantoro, S.I.P ketua Persit KCK Cab. XLVII Kodim 0726/Sukoharjo menyampaikan bahwa menjaga kesehatan itu adalah sangat penting untuk kita dan keluarga untuk itu mari kita dengarkan apa yang akan disampaikan oleh dr. Tantiya, dan satu hal lagi mari jalin silaturahmi dengan baik.

Keterangan dari dr. Tantiya adalah kanker merupakan penyakit terbanyak yang diderita wanita yaitu sekitar 40.600 kematian dengan rincian 40.200 wanita dan 400 pria disebabkan karena kanker payudara dalam setahun, Satu dari delapan wanita atau 12,6 % dari semua wanita akan menderita kanker payudara didalam hidupnya, setiap 13 menit wanita meninggal karena kanker payudara, terutama terjadi kuadaran lateral atas dari payudara. Divinisinya adalah Carcinoma Mammae (Kanker payudara) merupakan keganasan yang terjadi pada sel-sel kelenjar mammae.

Lanjut yang disampaikan adalah faktor resiko atau yang bisa menyebabkan kanker payudara akan menyerang kaum wanita adalah Usia menars atau kurang 12 tahun, Usia menopause atau 55 tahun keatas, tidak memiliki anak, melahirkan anak pertama pada usia lebih dari 30 tahun, pernah mengalami infeksi, trauma atau operasi tumor jinak payudara, terapi hormonal lama, pernah mengalami radiasi di daerah dada, pernah mengalami operasi gynekologis misalnya tumor ovarium, ada riwayat keluarga dengan kanker payudara pada ibu, saudara perempuan ibu atau saudara perempuan.
Manivestasi klinis atau tanda-tanda munculnya kanker payudara antara lain adanya benjolan dipayudara atau ketiak, pembengkakan atau pengkerutan pada salah satu bagian payudara, Iritasi atau kelainan kulit berupa peau d’orange, adanya retraksi atau rasa nyeri pada putting, cairan yang keluar dari puting selain air susu, perubahan ukuran atau bentuk dari payudara dan nyeri pada area payudara
Ini adalah yang paling penting untuk diperhatian oleh seluruh kaum wanita yaitu bagaimana cara atau Tips mencegah timbulnya kanker payudara yang pertama adalah  dengan memelihara kesehatan, tidak mengkonsumsi alkohol, rokok dan pemilihan makanan yang sehat, olah raga yang rutin, pemeriksaan payudara sendiri dan mammografi.

Hal lain juga harus diperhatikan kapan seorang wanita harus mulai pemeriksaan payudara, yang pertama adalah wanita pada usia 35 – 39 tahun periksa payudara sendiri setiap bulan pada hari 2 – 3 setelah selesai menstruasi, periksa payudara ke dokter tiap 3 tahun sekali dan mammografi antara usia 35 – 39 tahun, sedangkan wanita usia 40 – 49 tahun adalah periksa payudara setiap bulan setelah selesai menstruasi, periksa payudara ke dokter tiap setahun sekali dan mammografi setiap satu atau dua tahun serta wanita usia 50 tahun keatas adalah periksa payudara setiap bulan setelah selesai menstruasi, periksa payudara ke dokter tiap setahun sekali dan mammografi setiap tahun meski tidak ada gejala.

Adapun manfaat dan pentingnya mommografi adalah untuk deteksi dini pada saat belum teraba benjolan, Evaluasi adanya keluhan pada payudara (nyeri, benjolan), menentukan ganas atau jinak kanker, menentukan lokasi tumor atau kanker dan menentukan terapi selanjutnya. 

Setelah selesai memberikan materi tentang tisp mencegah kanker payudara dan bahayanya kanker payudan, kemudan Ketua Persit KCK Cab. XLVII Kodim Sukoharjo memberikan tali asih kepada dr. Tantiya sebagai tanda persahabatan dan ucapan rasa terima kasih karena telah sudi membagikan ilmunya kepada seluruh Persit Kodim 0726/Sukoharjo.